Selasa, 12 Juni 2012

CR7 vs mesayah

Agan2 pasti akur jika dibilang Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo adalah pemain terbaik di dunia sekarang ini. Jaga dulu keyakinan itu. Di antara mereka, siapa yang paling hebat, best of the best? Pasti LM10 dong, buat separo orang. Ah CR7 lebih hebat, kata yg lain. Memang amat bijaksana, jika anda tak keburu yakin sebelum ada parameternya. Ada kehebatan, tentu ada kelemahan. Tanpa keluar dari konteksnya, mari kita telaah satu per satu keunggulan keduanya dan tentu juga kekurangan mereka.

Cristiano Ronaldo Dos Santos Aveiro [26] menjadi pemain termahal dalam sejarah sepak bola dunia usai ditransfer ke Real Madrid dari Manchester United pada 2009. Nilai transfernya £80 juta, alias €94 juta, alias US$132 juta, atau Rp 1,2 trilyun. Gajinya £11 juta per tahun, alias £66 juta selama 6 tahun, atau setara Rp 1 trilyun. 10.000 juta perak! Itu batu gaji tok. Ditambah tetek-bengek lain mulai pencitraan diri hingga share-values lain, walhasil nilai total buyout CR7, jika ada yg mau, sebesar €1 milyar atau Rp 12,5 trilyun.

Nilai total buyout Lionel Andres Messi [24] "cuma" seharga US$132 juta atau setara Rp 3,6 trilyun. Kok timpang jauh? Sebab Barcelona mendapatkannya nol, gratis,sejak mencomot dari Newell's Old Boys di Argentina kala Leo berusia 12 tahun. Dari sisi kepribadian juga berpengaruh. Messi tidak lenje, pesolek, atletis, tampan, atau seambisius CR7. Ia rendah; baik sikap, tubuh dan hatinya. Memang ini bagus dari segi personaliti dan kelakuan, namun di dunia bisnis itu bisa "merugikan" dirinya dan klub yg menaunginya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar